Hal Yang Dapat Membatalkan Sholat

Selain mengetahui syarat dan rukun shalat. Seorang muslim yang hendak melaksanakan shalat juga harus mengetahui hal-hal yang membatalkan shalat. Karena shalat menjadi tidak sah,atau berkurang nilainya di hadapan Allah SWT,.Berikut hal hal yang dapat membatalkan sholat.


1.Merasa Was-Was ketika Takbiratul Ihram.

Hal-hal yang dapat membuat sholat  tidak sah yaitu was-was dalam takbiratul ihram.mereka ragu ketika ingin berniat mengangkatkan tangan dan dibarengi ucapan takbir,dan alhasil mereka pun mengulangi rukun tersebut.

 Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an bahwa was-was sebenarnya adalah usaha syaitan untuk mengganggu ibadahnya seseorang muslim agar tidak memiliki keikhlasan dalam ibadahnya. Ataupun agar dapat meragukan sesuatu yang sudah jelas dalam ajaran agama. Seperti yang telah digambarkan dalam surat an-Nas ayat 4,5 dan 6 yaitu:


2.Tiga kali bergerak secara berturut-turut

 Bergerak berturt turut lebih dari 3 kali gerakan dapat membuat sholat menjadi tidak sah,yang dimaksud gerakan dalam pembahasan kali ini yaitu melakukan gerakan yang bukan termmasuk dalam gerakan sholat. 


3.Berbiacara

Berbicara yang dimaksud disini adalah bukanlah berupa bacaan sholat/bacaan alquran.

 










Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANDA-TANDA AKHIR ZAMAN